en id

WUJUDKAN BANDARA SEHAT, BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA KKP KELAS 1 SURABAYA

03 May 2019

kembali ke list


Sidoarjo – Untuk mewujudkan bandara sehat, Bandar Udara Internasional Juanda menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M. Kes.dikantor KKP Surabaya I, Jumat (3/5/2019).

Penyelenggaraan bandara sehat bertujuan untuk mewujudkan kondisi wilayah bandar udara yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk komunitas pekerja serta masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2014.

“Kami selaku Manajemen PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda Surabaya mendukung terselenggaranya Program Bandara Sehat yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam hal ini KKP Kelas I Surabaya. Karena dengan terselenggaranya program ini, selain untuk mewujudkan kondisi wilayah Bandar Udara yang bersih dan sehat, juga dapat dijadikan sebagai added value Bandar Udara Internasional Juanda di mata para pengguna jasa,” ujar Heru. 

Ruang lingkup nota kesepahaman ini antara lain yaitu melakukan upaya sinkronisasi pelaksanaan program bandar udara sehat, integrasi dan pertukaran data dan informasi terkait pelaksanaan program kerja dalam upaya mewujudkan bandar udara sehat, pembuatan analisis dan kajian bersama mengenai pelaksanaan program kerja dalam upaya mewujudkan bandar udara sehat, kerjasama pada event-event tertentu dalam rangka mewujudkan bandar udara sehat dan bidang-bidang lain yang disepakati sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam pelaksanaannya Bandar Udara Internasional Juanda  akan melakukan beberapa kegiatan yang meliputi penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja dan peningkatan keamanan dan ketertiban.

Heru menabahkan bahwa Bandar Udara Internasional Juanda telah melakukan program bandara sehat sebelum adanya nota kesepahaman ini. “Kami sebenarnya telah melakukan program – program pada semua kategori bandara sehat, misalnya pada kriteria penyelenggaraan kesehatan lingkungan, kami telah melakukan pemantauan kualitas lingkungan tiap semester, pemeriksaan higienitas dan sanitasi tenant food & beverage dan pest & rodent control,” tambahnya.