en id

BANDARA JUANDA KEMBALI GAGALKAN UPAYA PENYELUNDUPAN RIBUAN BIBIT LOBSTER

17 Aug 2020

kembali ke list


Sidoarjo – Tim pengamanan Bandar Udara Internasional Juanda yaitu aviation security dan Satgaspam TNI AL kembali berhasil mengagalkan upaya penyelundupan bibit lobster, Senin pagi (17/8). Bibit lobster rencananya akan terbang dari Bandar Udara Internasional Juanda menuju Bandar Udara Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Lion Air JT-971.

“Pelaku masuk ke area lobi bandara dan melakukan verifikasi dokumen penerbangan pada pukul 05.58 WIB. Saat pelaku dan koper berwarna silver melawati area pemeriksaan keamanan pada pukul 06.06 WIB, tim aviation security mendapati citra X-Ray yang mencurigakan pada isi koper, sehingga sesuai prosedur dilakukan pemeriksaan secara manual. Kecurigaan petugas terbukti, hasil pemeriksaan menunjukkan isi koper adalah bibit lobster yang dibungkus pakaian bekas tanpa disertai surat-surat resmi dari BKIPM,” jelas General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo.

Heru menjelaskan saat dilakukan pemeriksaan, di dalam koper tersebut terdapat 38 kantong plastik dalam gulungan busa yang berisi total 38.252 ekor bibit lobster dengan prediksi nilai sebesar 3,8 Miliar Rupiah. Pelaku pembawa bibit lobster asal Banyuwangi tersebut kini telah diserahkan kepada PPNS BKIPM 1 Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Meskipun di suasana hari libur kemerdekaan, pengawasan dan pengamanan kami tidak lengah atau berkurang. Secara khusus kami telah menginstruksikan kepada petugas pengamanan kami yakni Avsec untuk meningkatkan pengawasan lalu lintas ikan dan hasil perikanan melalui bandara bersama stakeholder terkait yaitu Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I dan TNI AL agar tidak ada lagi penyelundupan hasil perikanan melalui bandara. Kami tidak akan memberikan ruang untuk tindakan-tindakan melanggar hukum dan kami harap ini menjadi peringatan bagi siapapun yang berniat melakukan tindakan kejahatan di bandara," tegas Heru.

Sebelumnya, pada Januari 2019 Tim pengamanan Bandar Udara Internasional Juanda berhasil menggagalkan penyelundupan 3.656 ekor bibit lobster senilai Rp 600 juta yang akan dibawa ke Singapura. Kemudian pada Bulan Juni Bandar Udara Internasional Juanda bersama Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I, Kantor Bea dan Cukai KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda dan TNI AL juga mengagalkan penyelundupan 113.300 ekor bibit yang diperkirakan senilai Rp 17,3 Miliar. Di tahun 2020, tepatnya Bulan Juli yang lalu, tim pengamanan Bandara Juanda juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 32 kantong plastik berisi 3.915 bibit lobster.