en id

WUJUD KEPEDULIAN DI MASA PANDEMI, BANDARA JUANDA BAGIKAN 250 PAKET BAHAN KEBUTUHAN POKOK

10 May 2021

kembali ke list


Sidoarjo – Sebagai mitra pemerintah dan penggerak pertumbuhan ekonomi terutama di masa pandemi, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Senin (10/5).

Melibatkan Takmir Masjid At Takwa Bandara, bantuan sektor sosial diberikan dalam bentuk paket kebutuhan bahan pokok sejumlah 250 paket. "Penerima paket bantuan kali ini adalah para pekerja kebersihan bandara yakni petugas kebersihan sisi udara, sisi darat, petugas taman, petugas penyedia logistik, serta petugas keamanan dan kebersihan rumah dinas Senopen," ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kicky Salvachdie.

Seremoni penyerahan bantuan dilaksanakan di tengah dilaksanakannya periode peniadaan mudik. Meski begitu, kegiatan yang dilangsungkan di Gedung GRHA SATU tersebut dijalankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan penerapan physical distancing.

Kicky menjelaskan bahwa penyaluran bantuan merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada sektor sosial pengetasan kemiskinan. Program ini merupakan program lanjutan dari Kementerian BUMN  yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program yang lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan.

Lanjutnya, program bantuan merupakan bukti nyata tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar bandara. “Kami menyadari bahwa keberadaan perusahaan hingga saat ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat sekitar. Maka dari itu kami akan terus membantu pemerintah dalam bentuk program bina lingkungan dengan membuat program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat dan peningkatan kualitas hidup serta program kemitraan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, melalui pemberian pinjaman kemitraan untuk modal kerja dan investasi,” ujarnya.

Kicky menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda setahun terakhir memberi dampak yang luar biasa, tak hanya bagi pekerja namun juga pengusaha. "Namun, meski demikian hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami berbagi karena kita bersama-sama menghadapi situasi sulit ini. Semoga bantuan yang kami berikan dapat menjadi tambahan semangat dan motivasi bagi para tenaga kebersihan untuk bekerja lebih baik lagi," ungkapnya.

Pada tiap paket bantuan terdiri dari beras seberat 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu kental manis, sirup, kopi dan teh celup dan dikemas dalam tas belanja yang dibeli dari pengusaha kecil menengah yang sebelumnya menjadi mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda. Total nilai bantuan untuk 250 paket tersebut adalah senilai 50 juta rupiah.

Sudarno, salah satu petugas kebersihan sisi udara yang menerima bantuan merasa sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan. “Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat terutama saat menjelang hari raya Idulfitri seperti ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bandar Udara Internasional Juanda yang mengingat kami sebagai bagian dari aktivitas bandara. Semoga Bandar Udara Internasional Juanda bisa terus memperhatikan kami dan bisa menjadi contoh untuk perusahaan-perusahaan lainnya,” tuturnya.